Rabu, 18 Maret 2009

Strategy vs customer satisfaction

Strategy vs customer satisfaction

Teman, pernahkah kalian berbelanja di salah satu toko yang size nya lumayan lengkap, ber-AC, dan dengan produk2 yang lumayan lengkap?? pernah dunk, palagi sebagai anak kost yang notabene tiap bulan dapet jatah bulanan.he...he.. (hubungannya ama jatah belanja bulanan ya...).
sebenarnya topik ini udah mulai rame diperbincangkan di suatu milis yang saya ikuti. namun, baru kali ini sempat saya naikkan ke permukaan karena jadwal kuliah, organisasi, kerja sosial, bisnis, dan segala aktivitas yang selalu membuat waktu dalam sehari itu udah gag cukup kalo tetap 24 jam.

ceritanya seperti ini: pernah gag sih kalian belanja di tempat tersebut terus kembalian receh kalian diganti dengan produk yang dijual??? misalnya kembalian 700 perak eh malah dikasih coklat.he..he..
pernah kan? atau sesekali kalian dikasih permen (hu..hu.. padahal lagi sakit gigi) ada-ada aza si mbak caem ntu..
kalo saya pribadi sih hampir setiap belanja kesana selalu dapet perlakuan tersebut. saya yakin bukan khusus kepada saya aza perlakuan tersebut diberlakukan, tapi hampir ke seluruh konsumen (gag ada hubungannya kalo saya suka godain si mbak2 nya)
nah, pertamanya sih saya enjoy aza wong duit 700 perak daripada ngilang entah kemana kalo disimpen di saku, mending dibeliin coklat atau permen aza. namun, lama kelamaan bete juga nggak sih kalo tiap kita belanja kembaliannya diganti coklat mulu??? huh.. kasian nih, memotong rejeki pengamen (niatnya tuh receh maw dikasih ke pengamen kalo naek kereta ato bis)
namun apa daya, daripada ngasih coklat ke pengamen (boleh gag sih) yaa..mending diem aza gag ngasih apa2 karena keterbatasan budget buat mereka. nah..kalian juga share dunk tentang perilaku tersebut!

permasalahan berlanjut setelah saya mencoba compare sistem tersebut dengan salah satu usaha yang saya kelola (masih mirip-mirip toto tersebut sih, semacam minimarket gitu)
sebelum mengalami kejadian di atas, saya berusaha menekankan kepada pengurus yang jaga (istilah buat penjaga shift yang jaga toko) untuk berusaha memuaskan konsumen yang datang.
misal : mengucapkan selamat datang, silahkan kembali besok, dll, dan untuk memberikan kembalian dengan uang sebagaimana mestinya.(gag diganti coklat)
namun, kalau kembalian recehan emang udah benar2 kosong, baru ditanya apakah kembaliannya maw digunakan nanti atau diganti ama produk lain (kembaliannya diambil nanti karena kebanyakan konsumen kita itu udah jadi pelanggan tetap, jadi udah saling kenal mengenal)
nah, compare ama tempat pertama, sempat terlintas pricing strategy tersebut diterapkan di usaha yang saya kelola. namun, setelah dipikir2 etis gag sih?? (etis sih) tapi, pricing strategy tersebut berlawanan dengan customer satisfaction gag sih menurut kalian? (analisa ini dibuat karena saya pernah merasakan posisi sebagai konsumen dan pengelola usaha) nah teman2, apa komentar kalian???